Mengesankan, Uji Nyali untuk Diri Sendiri

Byadmin

Mengesankan, Uji Nyali untuk Diri Sendiri

Oleh Elma Apriliani (Peserta Program Relawan Menulis Angkatan ke 2)

Catatan Pengalaman Mengikuti Program Relawan Menulis RBP

Tak terasa masa magang Saya di Radar Banjar peduli dalam program Relawan Menulis sudah berakhir. Sedih rasanya menyadarinya. Masa magang yang Saya lalui kurang lebih 2 bulan terhitung sejak bulan November 2017 hingga 9 Januari 2018 kemarin. Sebuah pengalaman yang membuat Saya bisa berinteraksi dengan orang lain dan juga dapat menambah wawasan untuk berkenalan dengan para professional. Tentu akan selalu membekas di hati Saya.

Berawal dari keikutsertaan Saya di komunitas relawan sahabat kalsel. Lalu tepat hari jumat, saya mengikuti kajian rutin yang dilaksanakan di Gedung Biru Radar Banjarmasin. Hari yang berkah sekali untuk Saya.  Di sana saya bertemu dengan seorang editor Radar Banjar Peduli, Retno Sulisetiyani. Di akhir kajian tersebut, beliau bercerita tentang diadakannya program Relawan Menulis dan sedang membuka rekrutmen untuk angkatan kedua. “Relawan menulis itu adalah kesempatan yang kami buka untuk magang sebagai reporter dan belajar jurnalistik humanis,” ucap Kak Eno, begitu sapaan saya ke beliau. Saya yang mendengarkan dengan seksama langsung tertarik dan ingin segera mendaftar.

“Kalau tertarik langsung saja kita mulai programnya minggu depan ya. Dan ini diberlakukan untuk 2 orang saja setiap angkatan. Nanti kamu dapat sertifikat bahwa pernah magang disini sebagai bukti dan penghargaan dari kami,” ungkapnya kala itu.

Program yang diadakan oleh Radar Banjar Peduli ini menurut Saya sangat bermanfaat sekali untuk para anak muda yang ingin mengembangkan skill komunikasinya dengan baik. Khususnya untuk para mahasiwa. Mencari aktifitas dan belajar tidak hanya dilakukan di dalam kampus,  di luar kampus pun juga harus dilakukan. Dengan begitu, kita tidak cuman hanya berstatus mahasiswa yang biasa saja, namun mahasiswa yang bisa menjadi pelopor perubahan untuk bangsa ini.

Pengalaman magang menjadi reporter ini sungguh tidak terduga sebelumnya. Saya tidak menyangka bisa terjun langsung ke lapangan berstatus sebagai reporter dari Radar Banjar Peduli. Hal ini sangat membanggakan bagi diri Saya sendiri.

Alhamdulillah, Saya sangat bersyukur  bisa dipertemukan dengan orang-orang hebat di Radar Banjar Peduli sehingga lebih memotivasi Saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan belajar bekerja sama dengan tim dalam membuat berita.

Banyak suka duka yang Saya dapatkan selama meliput berita di lapangan, sukanya adalah Saya bisa bertemu dengan orang orang hebat dari berbagai kalangan, dari anak sekolah yang mendapatkan beasiswa hingga para profesional yang dapat menginspirasi. Walaupun, banyak pula hambatan – hambatan yang sering membuat kesal. Tapi, disitu lah Saya merasa dilatih untuk lebih sabar menghadapi berbagai karakter narasumber. Akhirnya saya menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan diri sendiri. Bahwa Saya bisa meskipun dengan tantangan-tantangan yang berada di depan mata.

Awal tahun 2018 sangat mengesankan sekali bagi saya dan berharap bisa bergabung lagi menjadi bagian tim reporter Radar Banjar Peduli untuk proyek kebaikan-kebaikan selanjutnya. 

Editor : Retno Sulisetiyani

About the author

admin administrator

Leave a Reply