Butuh Dana untuk Operasi

Byadmin

Butuh Dana untuk Operasi

Kisah Muhammad Ilham, Balita 21 Bulan Penderita Jantung Bocor

Wajah Muhammad Ilham yang rupawan rupanya tak seindah nasibnya. Bagaimana tidak, di usia yang masih kecil itu sudah mengalami kelainan jantung, tepatnya jantung bocor. Ayah dan ibunya tak tinggal bersama lagi. Ayahnya tinggal di Kelurahan Bangkal bersama kedua kakaknya. Sedangkan Ia tinggal bersama ibunya di Kelurahan Sungai Tiung. Ibunya tidak bekerja sehingga untuk kebutuhan sehari-hari tergolong tidak mampu.

Halidah (32), sang ibu, mengatakan bahwa mereka sekarang hanya menumpang di rumah keluarga. Meskipun begitu, Halidah bersyukur Ilham tak gampang rewel saat menjalani pemeriksaan. “Alhamdulillah Ilham ini anaknya kuat, saya pun harus kuat dan sabar menjalaninya,” akunya.

Diungkap oleh Halidah bahwa Ilham mengalami kelainan jantung sejak berumur 6 bulan. Lalu pada umur 11 bulan, keadaannya mulai membaik. Namun selama masa pemulihan cobaan lain datang menghampiri. “Penyakit-penyakit lain satu persatu menggerogoti di dalam tubuhnya. Mulai dari tifus, ambien, hingga radang paru-paru (TBC),” ujar Halidah.
Perjuangan Halidah tak sampai di situ. Ilham juga mengalami kesulitan menelan makanan. “Dia sering muntah kalau disuapi, jadi saya tidak berani untuk menyuapi makanan selain susu,” kisahnya kelu. Beruntung, lanjut Halidah, Ilham tidak rewel saat diminumi obat dan selalu tepat waktu dalam meminumnya sehingga perlahan keadaannya membaik kembali.

Yayuk selaku petugas gizi di Puskesmas Cempaka yang menangani Ilham menerangkan bahwa kondisi Ilham memang naik turun. “Kesulitan menelan makanan menyebabkan Ilham hanya mendapatkan asupan gizi dari selang NGT, sementara semakin besar usia anak harusnya bisa mendapatkan gizi seimbang dari berbagai makanan,” tutur Yayuk mengingat pertambahan berat badan Ilham cukup signifikan. Memang awal ditemukan, Ilham hanya memiliki berat 5,2kg dan sekarang sudah mencapai 8,8kg.

“Ilham masih perlu pemeriksaan rutin agar ia semakin pulih. Pengobatan pun juga sangat diperlukan dalam menunjang kesehatannya,” ujar Dokter Yanuar Nusca Permana spesialis anak yang selama ini menangani Ilham. “Upaya pengobatan yang bisa dilakukan saat ini adalah mencegah infeksi saluran nafas yang berulang, gangguan pertumbuhan dengan pemberian nutrisi yang adekuat, vaksinasi, dan edukasi kepada orang tuanya mengenai penyakit jantung bawaan,” lanjutnya. Melihat kondisi jantungnya, Dokter Yanuar menyatakan jika tidak terjadi penutupan spontan maka harus dilakukan upaya tindakan operasi bedah.

Namun, kendala dana menjadi beban utama bagi Halidah. Tentu tak sedikit biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi. “Saya dan keluarganya selalu berdoa kepada Allah agar penyakit Ilham segera diangkat. Ingin sekali melihatnya bermain seperti anak-anak lain yang normal,” ungkapnya penuh harap.

Masih ada harapan untuk Ilham. Harapan itu ada pada uluran tangan para dermawan. Mari bersama-sama bantu Ilham sembuh dari sakitnya. Donasi Anda bisa disalurkan melalui rekening Bank Syariah Mandiri 0260018953 atas nama Yayasan Radar Banjar Peduli. Silahkan lakukan konfirmasi via sms ke 081333272004. Atau Anda bisa langsung datang ke kantor Radar Banjar Peduli di Jalan A Yani Km 26,9 Landasan Ulin Kota Banjarbaru. (el/en)

About the author

admin administrator

Leave a Reply