BANJIR PELAYANAN DAN KONSULTASI KESEHATAN GRATIS

Byadmin

BANJIR PELAYANAN DAN KONSULTASI KESEHATAN GRATIS

(Anisa Fitri, Banjarbaru)

Sejak dibuka pada hari Minggu (22/4) lalu, even tahunan Banjarbaru Fair sudah langsung ramai pengunjung walaupun rintik hujan mewarnai langit sore itu. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka hari jadi Kota Banjarbaru ke-19 tersebut berlangsung di Lapangan Murjani Banjarbaru selama satu minggu penuh.

Poltekkes Kemenkes Banjarmasin sebagai salah satu kampus kesehatan terbesar di Kalimantan Selatan menggandeng RBP turut andil dengan menyediakan berbagai pelayanan dan konsultasi kesehatan secara gratis. “Kami sudah sering ikut memeriahkan Banjarbaru Fair sejak empat tahun yang lalu,” tutur Dr Waljuni Astur Rahman SKM MPd selaku Kepala Unit Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

“Sesuai dengan salah satu misi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, yaitu memberikan pengabdian kepada masyarakat. Kami berharap pelayanan yang kami berikan ini menjadi salah satu perwujudan dari misi tersebut,” kata lelaki yang biasa disapa Awal itu dengan wajah tersenyum.

Terlihat respon positif dari masyarakat, bahkan pada malam terakhir acara tersebut stand pelayanan masih penuh. “Ada sekitar 500 obat yang habis untuk diberikan kepada masyarakat langsung,” tutur Awal.

Hery yang merupakan salah satu pengunjung pada hari terakhir mengaku terbantu dengan layanan kesehatan tersebut. “Hasilnya cukup membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan saya, mulai gigi, gizi, sampai tekanan darah. Tentunya saya juga merasa senang, karena pelayanan yang diberikan secara gratis. Sangat bagus dan berjiwa sosial. Semoga setiap tahun terus diadakan agar membantu masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu” pungkasnya.

Pelayanan dan konsultasi kesehatan yang diberikan berhubungan langsung dengan semua jurusan yang ada di kampus tersebut. Mulai dari jurusan keperawatan yang memberikan pelayanan tensi darah, kebidanan berupa tensi darah dan konsultasi kehamilan, ahli gizi berupa pengukuran tinggi dan berat badan serta konsultasi gizi, keperawatan gigi berupa pembersihan karang gigi juga konsultasi keluhan gigi, gusi, dan mulut, kesehatan lingkungan berupa konsultasi lingkungan dan pembagian ABAT (insektisida pembasmi larva nyamuk di kamar mandi), serta analis kesehatan yang merupakan inti dari pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kolesterol dan gula darah.

“Kami secara bergiliran bertugas melayani masyarakat. Meski banyak sekali layanan yang kami berikan, kami tetap menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter karena tugas kami lebih diperuntukkan untuk deteksi dini penyakit,” ujar salah satu mahasiswa Poltekkes Tommy Juliannor.

Editor : Retno Sulisetiyani

About the author

admin administrator

Leave a Reply