Galang Donasi Lombok bersama Q Mall dan Hobbycon

Byadmin

Galang Donasi Lombok bersama Q Mall dan Hobbycon

Penulis : Elma Apriliani

Sejak Sabtu pagi hingga Minggu malam tepat pada tanggal 15 dan 16 September lalu, Radar Banjar Peduli (RBP) bersama seluruh komunitas hobi yang ada di wilayah Banjarmasin serta Banjarbaru mengadakan penggalangan donasi untuk saudara kita yang mengalami bencana gempa di Lombok. Lokasi aksi tersebut berada di Q Mall Banjarbaru tepatnya. Antusias para pengunjung cukup tinggi karena keikutsertaan beberapa komunitas hobi yang menjadi perhatian pengunjung Q Mall. Karena rasa penasaran pengunjung sangat ramai berjejal untuk melihat setiap stan yang menampilkan hobi dan produk yang dijual dimana sebagian dari penjualan menjadi donasi untuk gempa di Lombok, menikmati beberapa hobi dan tentunya sambil berderma.

Fahruji Rivani selaku pihak panitia menjelaskan bahwa meskipun sudah sebulan Lombok terkena bencana gempa, akan tetapi rasa kemanusiaan kita harus tetap ditanamkan kepada generasi muda, tidak ada kata terlambat untuk membantu meringankan beban mereka disana. Panitia yang menjabat sebagai Marketing Komunikasi Q Mall ini juga mengatakan bahwa penggalangan donasi yang diadakan juga didukung oleh berbagai komunitas yang disebut Hobbycon (Hobbies Community Contest), yaitu komunitas jam G-Shock GSWI chapter BDJ, South Borneo Diecast Club, Forum Kereta Model, Banjarbaru Reptile Community, Crush Gear Indonesia, One Piece Kopki, Aquascaper, Kalimantan Selatan Tamiya Original, South Borneo Mini RC (Radio Control), Sanggar melati, Dewa Music, Ardeval Swara Music dan Yuli Arzeta Rumah Biola.

Fahruji berharap pada penggalangan donasi yang dilakukan kali ini bersama RBP dan komunitas lainnya dapat meringankan saudara kita yang ada di Lombok maupun pengungsi yang sekarang berada di daerah Kalimantan Selatan. Sehingga mereka merasakan uluran tangan yang begitu besar oleh sesama saudara di negara ini. Harapan besar juga terlihat dari salah satu penderma “Mbak, mas ini buat Lombok ya,” ucap beliau seraya duduk mengambil beberapa lembar uang kertas berwarna merah dari tas dan menyerahkannya kepada kami.

“Pengalaman mengikuti penggalangan donasi ini luar biasa karena disana bukan hanya booth  yang diperlihatkan namun juga terdapat pameran dari beberapa komunitas hobi sehingga menjadi hiburan tersendiri untuk para panitia dan relawan yang terlibat disana,” ungkap Wahyu salah satu relawan yang juga ikut menggalang donasi. Selain itu, hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para donatur yang sebelumnya tidak berniat berdonasi akhirnya mendonasikan sebagian rejekinya untuk saudara kita yang membutuhkan, sambungnya.

Dengan adanya aksi kemanusiaan seperti ini, RBP dengan berbagai komunitas ataupun instansi tertentu dapat terus bekerjasama dalam setiap kegiatan sosial. Kebersamaan tak hanya berbuah persaudaraan namun juga bernilai kebaikan yang akan melahirkan kebaikan lainnya. Banyak cara untuk menggugah kepedulian, salah satunya dengan mengemas suatu konsep agar menjadi lebih bernilai.

“Ini kali kedua program dikonsep khusus untuk bencana gempa bumi di Lombok, alhamdulillah dalam kegiatan Hobbycon ini terkumpul donasi lebih dari 13jt rupiah untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Lombok. Harapan kami kedepan RBP dapat terus bekerja sama dengan pihak Q Mall untuk dapat membantu dan mengajak masyarakat khususnya pengunjung Q Mall dalam menyisihkan sebagian rejeki mereka melalui program sosial yang dikemas RBP.” tutur Edo, penanggungjawab booth sekaligus Manajer Fundraising Radar Banjar Peduli.

Salurkan donasi terbaik Anda untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi dengan cara transfer donasi melalui rekening Bank Syariah Mandiri 026-204-2000 atau BNI Syariah 11-999-33-555 an Yayasan Radar Banjar Peduli. Sertakan kode unik “888” di tiga digit terakhir.

Editor : Devi Putri Listyasari

About the author

admin administrator

Leave a Reply