Merajut Kepedulian dalam Kebersamaan

Byadmin

Merajut Kepedulian dalam Kebersamaan

Catatan Perjalanan RBP Bersama Radar Banjarmasin
Oleh : dr. Diaudin (Direktur Radar Banjar Peduli)

Tahun 2016 menjadi tahun lompatan besar bagi Radar Banjar Peduli (RBP). Tak dipungkiri, Radar Banjarmasin (RB) sebagai perusahaan yang selama ini menaungi RBP juga menjadi salah satu barometer untuk semakin berbenah. Ibarat adik dalam sebuah keluarga, kami selalu tidak ingin terlihat jomplang dari kakaknya. Banyak program inovatif yang lahir dari kebersamaan yang semakin erat bersama RB.

RB semakin menguatkan dirinya sebagai Koran lokal yang terdepan. RBP pun tak ingin kalah langkah mencoba bergandengan dengan RB membuat inovasi program sosial, salah satunya Food for Charity. Sebuah program penggalangan dana sosial melalui kerjasama dengan berbagai restoran hotel di Banjarmasin dan Banjarbaru. Dukungan yang besar dari RB membawa hasil yang luar biasa. Rantai kebaikan yang terjalin ibarat efek domino tak berkesudahan. Langkah RBP sebagai lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan semakin besar.
Hingga akhirnya aksi sosial tersebut berhasil menggalang dana mencapai Rp 18juta selama sekitar dua bulan saja. Dana tersebut kemudian disalurkan melalui program pendidikan untuk anak-anak duafa. Sampai sekarang pun Food for Charity telah menjadi warna khas dalam aksi-aksi sosial yang RBP lakukan.

Seperti yang dikatakan salah satu pendiri RBP, Ersis Warmansyah Abas tahun 2016 lalu dalam catatan memoar 12 tahun RBP, RB merupakan garansi bagi keberadaan RBP. Apapun analisisnya, tanpa RB, RBP itu tidak ada apa-apanya. Keduanya telah hadir di Banua sebagai satu kesatuan meski dengan wajah yang berbeda. RB telah mendedikasikan diri sebagai media yang menghadirkan konten-konten berita terbaik. Sedangkan RBP bergerak melalui aksi-aksi sosial demi mengangkat harkat kaum duafa.

Sejarah telah mencatat ketika di usia belasan tahun Hamka, Mohammad Natsir dan Bung Karno telah menjadi pejuang-pejuang kemerdekaan bangsa, maka harapan besar juga tersemat untuk 16 tahun kehadiran RB di Kalimantan Selatan. Secara tak langsung pun menjadi harapan tersendiri bagi RBP yang 3 tahun lebih muda.
Selamat hari jadi ke-16 Radar Banjarmasin. Semoga semakin melaju menjadi lokomotif peradaban Banua.

About the author

admin administrator

Leave a Reply