Momentum untuk Berbuat Nyata

Byadmin

Momentum untuk Berbuat Nyata

(Dari kegiatan Workshop dan Pelatihan Siaga Bencana untuk Kampus di Prodi Magister Keguruan IPA PPS ULM hari Ke-2)

Hari kedua pelatihan siaga bencana untuk kampus berlangsung makin seru. Trainer pertama, Ruli Renata dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), memberikan wawasan baru dan menarik tentang kerelawanan. “Relawan itu berat, kamu nggak bisa sendiri, mari sama-sama,” ucapnya disambut tawa dan tepuk tangan peserta.

Ruli yang telah berkiprah selama puluhan tahun di dunia relawan menjelaskan bahwa relawan itu adalah passion. “Kerja kemanusiaan itu memang harus dengan kecerdasan, tapi untuk menjadi relawan harus dengan panggilan hati juga,” pungkasnya. Setelah belajar manajemen relawan, para peserta kemudian diarahkan untuk berdiskusi tentang potensi, wilayah pengabdian, dan organisasi relawan. Semangat begitu terlihat dari serunya diskusi yang terbangun.

Keseruan semakin terasa saat memasuki sesi simulasi. Peserta belajar memadamkan api bersama tim Damkar Kota Banjarmasin. “Wah seru sekali, ternyata memadamkan api itu mudah kalau kita tau caranya,” ujar Najmi, salah satu peserta yang pertama kali mencoba simulasi.

Terakhir, para peserta diajak melakukan kampanye peduli lingkungan dengan melakukan Gerakan Pungut Sampah (GPS). Bertindak sebagai fasilitator adalah Ketua Sahabat Kalsel Ahmad Khairil dan Bidang Humas Sahabat Kalsel Achmad Ridho Indra.

Ketua Prodi Magister Keguruan IPA PPS ULM Yudha Irhasyuarna SPd MPd menyampaikan ucapan terima kasih kepada RBP atas partisipasinya membangun semangat kerelawanan di kalangan mahasiswa. “Saya berharap ini jadi momentum bagi kami untuk bisa berbuat nyata untuk masyarakat,” ucapnya.

Manajer Marketing Komunikasi RBP Retno Sulisetiyani mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Yudha Irhasyuarna. “Semangat kepedulian ini harus kita jaga, kita apresiasi setinggi-tingginya karena kampus adalah wadah untuk mencetak pemimpin bangsa. Maka diperlukan SDM dengan karakter kepedulian yang tinggi,” harapnya.

Penulis dan Editor : Retno Sulisetiyani

About the author

admin administrator

Leave a Reply