Rayakan Kemerdekaan RI, Sambut Dengan Aksi Peduli dan Berbagi

Byadmin

Rayakan Kemerdekaan RI, Sambut Dengan Aksi Peduli dan Berbagi

Penulis : Wahyu Aji Saputra

Berbagai pelayanan kesehatan diberikan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

“Badan saya sering nyeri-nyeri dok, apa ada yang salah dengan pola makan saya” tanya salah satu pasien pada dokter yang bertugas.

Setiap warga selalu punya cara tersendiri untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia. Umumnya selalu ada lomba khas 17an yang selalu diadakan untuk memeriahkan. Begitu pula dengan warga Sidodadi RW 06 Kelurahan Loktabat Selatan. Tak hanya sebatas bersenang-senang dalam hiburan, para warga RW 06 juga merayakannya dengan menyediakan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan.

Puncaknya, Minggu lalu (26/8) warga Sidodadi RW 06 mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan kesehatan dari Radar Banjar Peduli bekerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin sebagai tim tenaga medis lapangan. Mahasiswa dari berbagai jurusan ikut terlibat. Diantaranya keperawatan, analis kesehatan, kedokteran gigi, dan gizi.

Dalam kesempatan kali ini, para warga setempat bisa memeriksakan kesehatannya. Mulai dari konsultasi dokter, cek tekanan darah, cek gula darah, asam urat serta kolesterol, konsultasi kesehatan gigi, hingga konsultasi asupan gizi untuk tubuh.

Acara ini pun mendapat apresiasi oleh Walikota Banjarbaru Najmi Adhani yang saat itu ikut hadir dalam kemeriahan acara. Menurut beliau acara seperti ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan tentunya juga meningkatkan patriotisme dalam setiap individu. “Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur atas kemerdekaan bangsa ini. Hal seperti ini menjadi contoh bagi seluruh RT dan RW di kota Banjarbaru” tambah beliau.

Sudah tiga tahun acara ini terlaksana. Tentunya dengan kerja keras para panitia pelaksana yang terdiri dari para remaja putra dan putri Sidodadi RW 06. Bapak Sobirin selaku ketua panita berharap kelak acara ini perlu untuk diturunkan kepada generasi generasi selanjutnya.

Kemerdekaan dimaknai tak hanya sebatas merdeka dari jajahan negara lain saja. Pada kali ini kemerdekaan juga bermakna merdeka dari segala serangan penyakit dan juga merdeka untuk membantu sesama. Oleh karena itu selain pemeriksaan kesehatan, adapula disediakan tempat bagi para warga yang ingin mendonorkan darahnya.

“Setetes darah dapat memberikan harapan yang besar bagi mereka yang membutuhkan darah kita” ucap Bapak Sumadi ketua RW 06 pada sambutan acara. Donor darah yang diadakan juga merupakan sebuah bentuk realisasi dari misi RW 06 dalam bidang sosial kemanusiaan. “Gerakan 1000 kantong darah RW 06 akan selalu diadakan tiap tahunnya” tambah Bapak Sobirin.

Antusiasme warga terlihat ketika mereka mendatangi satu persatu meja pemeriksaan. Dengan layanan yang ramah warga dapat menyampaikan keluh kesah kesehatannya. Juga berhadir dr Hj Hairin dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang memberikan konsultasi masalah kesehatan bagi para warga setempat.

Kemeriahan acara 17an yang selalu identik dengan lomba juga masih ditampilkan. Tentu saja untuk menarik minat para warga, panitia mengadakan lomba panjat pinang. Berbagai hadiah terikat manis diujung puncak tiang pinang yang berlumurkan oli tersebut. Kekhasan acara kemerdekaan 17an tetap ada dan tak luntur di RW 06. Tetapi yang lebih hebatnya lagi, tak hanya berbatas kesenangan dan hiburan bagi warga setempat saja, mereka juga tak lupa untuk berbagi kepada sesama. Serta tentunya menjaga kesehatan juga merupakan sebuah perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Karena hanya dengan tubuh yang sehat kita dapat berkontribusi lebih bagi bangsa dan negara ini. Dirgahayu Republik Indonesia dan sehat itu mahal.

Editor : Devi Putri Listyasari/ Achmad Ridho Indra

About the author

admin administrator

Leave a Reply