Rayakan Milad ke-14, RBP Suguhkan Parade Layanan Kesehatan Gratis Serta Posko Charity for Sulawesi

Byadmin

Rayakan Milad ke-14, RBP Suguhkan Parade Layanan Kesehatan Gratis Serta Posko Charity for Sulawesi

Penulis : Nadia Susiyana dan Elma Apriliani

Gelaran parade layanan kesehatan gratis pada Minggu (7/10) lalu dalam rangka puncak perayaan Milad Radar Banjar Peduli (RBP) ke-14 yang bertajuk “Bahagiakan Banua” berlangsung meriah. Ratusan orang memadati setiap stand layanan yang disediakan di Lapangan Murjani Banjarbaru. Senyum dan kebahagiaan terpancar di setiap wajah, baik warga yang hadir maupun para relawan medis yang memberikan layanan kesehatan gratis.

Pada perayaan Milad ini, RBP memberikan penghargaan kepada mitra-mitra sebagai bentuk apresiasi atas dukungan mereka dalam program-program RBP. “Alhamdulillah, kita sangat bersyukur sekali bahwa dengan dukungan warga banua sekalian, RBP sudah bisa mencapai usia 14 tahun, mudah-mudahan panjang umur,” ungkap Direktur RBP dr Diauddin. Proses pemotongan tumpeng pun dilakukan oleh Direktur RBP didampingi Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan selaku Pembina RBP, Ketua DPRD Kota Banjarbaru H Ar Iwansyah, kepala dinas Diskominfo Kab Banjar Dr Ir H M Farid Soufian Ms serta Pengurus RBP dan disaksikan seluruh tamu undangan.

“Bagi saya, sejauh ini RBP telah memberikan sumbangsih yang banyak bagi Banua, khususnya bagi masyarakat di wilayah Banjarbaru dan sekitarnya,” ucap Muhammad Huda (19), salah satu pengunjung stand parade layanan kesehatan gratis tersebut. “Satu diantara sekian program RBP yang sering saya rasakan adalah pelayanan cek kesehatan setiap minggu pagi. Yang saya tau, itu merupakan hasil kerjasama antara Poltekkes dan RBP. Habis olahraga terus cek kesehatan, kan bagus ada kesempatan kayak begini,” sambung laki-laki kelahiran Barabai itu sambil tersenyum sumringah.

 

Klinik Halim Medika

Klinik Halim Medika turut meramaikan gelaran parade layanan kesehatan gratis RBP  Minggu (7/10) lalu dengan membuka layanan pemeriksaan tanda-tanda vital dan pemeriksaan laboratorium ringan berupa tes kolesterol, asam urat dan gula darah. “Ini kali kedua kami ikut berpartisipasi dalam kegiatan RBP. Tujuan dari kegiatan ini kan bagus, fokusnya membantu pelayanan kesehatan bagi kaum dhuafa. Apalagi salah satu tujuan kegiatan ini kan untuk membantu korban bencana, jadi saya sangat mengapresiasi sekali,” ujar Dokter Halim, pemilik Klinik Halim Medika.

Klinik Utama Halim Medika ini merupakan klinik khusus penyakit dalam yang beralamat di Jalan Kelinci I Banjarbaru. Klinik dengan nomor izin operasional 543 Tahun 2016 ini menyediakan layanan berupa praktek dokter spesialis, praktek dokter gigi, layanan rawat inap dan rawat jalan, apotek halim medika, laboratorium halim medika,  rawat luka diabetes dan kanker, fisioterapi dan penyuluhan komplementer.

 

Laboratorium Klinik Prodia Banjarbaru

Laboratorium Klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada tanggal 7 Mei 1973. Sejak awal, seluruh pendiri menjaga komitmen untuk mempersembahkan layanan pemeriksaan kesehatan yang terbaik dan berkualitas. Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 120 kota di seluruh Indonesia, salah satunya di Banjarbaru. Keunggulan Prodia ada pada pemeriksaan laboratorium dari segi kualitas peralatan yang digunakan sudah bersertifikasi dan SDM pengujinya pun sudah profesional.

Keterlibatan Prodia dalam parade layanan kesehatan gratis RBP diakui Marketing Laboratorium Klinik Prodia Banjarbaru Rina Nurjanah menjadi pengalaman perdana mereka. Layanan yang disediakan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pembagian voucher gratis ataupun diskon, edukasi tentang kesehataan disertai dengan doorprize menambah daya tarik stand mereka. “Semoga kami bisa terus berpartisipasi pada kegiatan RBP selanjutnya karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan kami siap membantu,” Ucap Rina bersemangat.

 

Rumah Sakit Umum Mawar

Stand RSU Mawar yang menyediakan pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol juga dikerumuni warga. Mereka berharap kegiatan seperti ini bisa lebih sering dilaksanakan. “Kegiatan ini sangat bagus dan positif karena mempersembahkan layanan kesehatan secara gratis untuk berbagi kepedulian kepada masyarakat luas, semoga kedepannya terus berlanjut,” harap Sri Handayani mewakili manajemen RSU Mawar.

RSU Mawar yang bertempat di panglima batur Banjarbaru ini sudah berdiri sejak tahun 2006. Keunggulan RSU Mawar ada pada layanan spesialis saraf bersama Dokter Indah Rusmiati SpS dan pengobatan stroke bersama Dokter Henike. Selain itu, Rumah Sakit ini juga bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN)  Kota Banjarbaru untuk memberantas dan menyembuhkan para pecandu narkoba dengan memberikan penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba ke sekolah-sekolah.

Rumah Sakit Pelita Insani

Menjadi bagian dalam parade layanan kesehatan gratis RBP ternyata juga memberikan kesan bagi RS Pelita Insani. Marketing RS Pelita Insani Gusti Eksir Machfuyana mengaku kegiatan yang dilaksanakan RBP ini sangat bermanfaat bagi warga banua. “semoga bisa diperluas lagi jangkauan tempatnya, misalnya di gubernuran atau tempat yang strategis lagi supaya semua seluruh lapisan masyarakat bisa merasakan pelayanan yang memuaskan oleh lembaga disekitarnya seperti RBP ini dan kami bisa ikut turut membantu lagi dalam kegiatan sosial berikutnya,” ucapnya.

Salah satu keunggulan Rumah sakit yang terletak di Sekumpul Martapura ini adalah memprioritaskan pasien tidak mampu. Hal ini dibuktikan dengan adanya layanan operasi katarak gratis,  sunatan massal gratis,  Tubektomi (khusus untuk wanita yang ingin ber KB), dan operasi bibir sumbing gratis.

 

Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Keseruan juga terlihat di stand Poltekkes Kemenkes Banjarmasin. Mitra peduli RBP yang rutin lakukan pelayanan kesehatan setiap Minggu pagi di Murjani ini menyediakan  layanan pemeriksaan tanda-tanda vital, konsultasi kebidanan, konsultasi gizi, konsultasi perawatan gigi dan pemeriksaan laboratorium ringan berupa pemeriksaan kolesterol, asam urat dan gula darah. Tahun ini, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin kembali menghadirkan beberapa jurusan dengan mengirimkan dua hingga tiga orang perwakilan mahasiswanya untuk memberikan pelayanan kesehatan.

“Kalau saya pribadi, ini kedua kalinya saya ikut berpartisipasi dalam kegiatan RBP. Senang sekali rasanya, ditambah rasa bangga karena bisa berguna bagi masyarakat seperti dalam kegiatan ini. Kan ini hari libur, daripada hanya uring-ringan di kost, saya pikir lebih baik ikut kegiatan yang bermanfaat,” ujar Radiny Audia, mahasiswa tingkat akhir dari prodi DIII Analis Kesehatan. “Dari tiga jenis pemeriksaan laboratorium ringan yang ada, biasanya yang banyak dicari masyarakat itu cek kolesterol, berhubung jumlah stiknya terbatas, jadi kadang ada yang tidak kebagian.,” tutup perempuan bertubuh mungil tersebut.

 

Akademi Keperawatan Pandan Harum Banjarmasin

Akper Pandan Harum juga menjadi salah satu mitra parade layanan kesehatan gratis RBP. Mitra peduli yang paling jauh ini menyediakan layanan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah. Meski datang paling akhir, stand mereka juga ramai diserbu warga. “Saya berharap Akper Pandan Harum dapat menjalin kerjasama dan tetap menyambung silaturahmi dengan RBP untuk kegiatan sosial berikutnya, semoga RBP makin sukses dan tetap berguna bagi masyarakat banua,” ungkap Yusran, Salah satu Mahasiswa Akper Pandan Harum yang bertugas.

Tidak hanya terlibat dalam kegiatan sosial bersama RBP ini, Akper Pandan Harum juga sudah banyak melakukan kegiatan sosial berupa pemeriksaan gratis di berbagai tempat. Pelayanan gratis terakhir yang mereka lakukan sebelumnya adalah di pondok pesantren al -Falah Landasan Ulin Banjarbaru.

 

Charity Area “Banua Peduli Sulawesi”

Besarnya dampak yang ditimbulkan akibat peristiwa gempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya menarik perhatian RBP dan seluruh masyarakat di Banua. Dalam perayaan Milad RBP ke-14, tak hanya suguhkan parade layanan kesehatan gratis, RBP juga dirikan stand bazar baju murah dan booth donasi sebagai bentuk kepeduliannya terhadap bencana alam yang menimpa Sulawesi.

“Indonesia saat ini sedang diuji berkali-kali, yang baru saja terjadi ada Palu-Donggala, sebelumnya ada Lombok di NTB. Alhamdulillah, ketika terjadi musibah di Lombok, RBP juga sudah langsung ke sana menyalurkan bantuan masyarakat yang dititipkan melalui kita. Kemudian pada musibah di Palu-Donggala kali ini, InsyaAllah kita akan mengumpulkan dana juga, setelah dana itu terkumpul, kita juga akan langsung berangkat ke sana dan didukung media juga nantinya untuk pertanggung jawabannya kepada masyarakat, ” tutur Diauddin.

Editor : Azizah

About the author

admin administrator

Leave a Reply