RBP Ajak Banua Peduli Sulawesi

Byadmin

RBP Ajak Banua Peduli Sulawesi

Penulis : Nadia Susiyana

Gempabumi dengan kekuatan 7,7 SR telah mengguncang wilayah Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jum’at (28/9) lalu pukul 17.02 WIB. Gempa berpusat pada kedalaman 10 km dengan jarak 26 km dari Utara Donggala Sulawesi Tengah mengakibatkan terjadinya tsunami menerjang pantai Talise di Kota Palu dan pantai di Donggala.

Guncangan dahsyat dan air laut yang naik setinggi 1 sampai 3 meter membuat wilayah Sulawesi Tengah menjadi kota mati. Jalur transportasi dan komunikasi lumpuh, rumah-rumah rusak, korban jiwa terus bertambah akibat tertimpa runtuhan gempa dan tersapu tsunami.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas  BNPB mengabarkan, hingga Kamis (4/10) sore jumlah korban meninggal berjumlah 1.558 orang, 2.549 orang luka-luka, 65.733 rumah rusak dan 70.821 pengungsi yang tersebar di 147 titik pengungsian. Diperkirakan jumlah korban masih akan terus bertambah karena proses evakuasi masih berlangsung.

Inilah yang terjadi pada saudara kita di Sulawesi. Mungkin tidak banyak yang bisa kita lakukan, tapi uluran tangan atas rezeki-rezeki yang diberikan Allah, insyaAllah memberi harapan pada korban yang terdampak. Direktur Radar Banjar Peduli (RBP) dr. Diauddin mengajak warga banua untuk peduli terhadap korban gempa dan tsunami di Sulawesi. “Bersama kita gandeng mereka menapaki tangga ujian ini, bahu membahu bangkitkan dan pulihkan Sulawesi. Semoga Allah memudahkan niat banua untuk membersamai Sulawesi” tuturnya.

 

Galang donasi melalui Charity Concert

Bentuk kepedulian yang besar terhadap gempa dan tsunami yang melanda wilayah Sulawesi Tengah telah ditunjukkan Ardeval Swara Music Banjarbaru bersama Radar Banjar Peduli melalui “Charity Concert For Palu-Donggala”. Kegiatan penggalangan donasi ini telah diselenggarakan pada Sabtu (6/10) sejak pukul 16.00 WITA di Atrium Hall Q-Mall Banjarbaru. Penggalangan donasi yang bertajuk You Raise Me Up ini pun dibantu oleh relawan Himatekin ULM dan Sahabat Kalsel dengan membuka stand booth donasi agar memudahkan pengunjung yang ingin berdonasi.

“Persiapan dilakukan sematang mungkin, sudah dari jauh hari kami merencanakan untuk ikut melakukan penggalangan dana bagi korban bencana alam. Sesuai dengan harapan, tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaannya. Semoga saja donasi yang terkumpul dari Charity Concert ini bisa meringankan beban para korban gempa dan tsunami di Palu,” ujar Sri Lestari selaku Owner Ardeval Swara Music Banjarbaru.

 

RBP Juga Galang Donasi Saat Perayaan Millad ke-14

Dalam perayaan millad Radar Banjar Peduli yang ke-14 pun dilakukan penggalangan dana untuk disalurkan ke Donggala, Palu dan sekitarnya. Hal ini terlihat adanya stand Charity Area #BanuaPeduliSulaweisi yang berisi booth donasi untuk penerimaan donasi secara langsung dan bazar baju murah yang mana hasil penjualan akan didonasikan untuk Sulawesi.

“Kejadian gempa dan tsunami di Sulawesi terjadi beberapa saat sebelum RBP melaksanakan perayaan millad ke-14. Maka dari situlah RBP ingin lebih bermanfaat membantu saudara-saudara kita dengan mengadakan penggalangan dana sekaligus perayaan millad. Jadi seperti kata pepatah, sekali dayung dua sampai tiga pulau terlampaui,” ujar Achmad Ridho Indra selaku Manager Fundraising RBP sekaligus penanggung jawab acara.

Millad RBP ke-14 dengan tema “Bahagiakan Banua” yang terselenggara pada Minggu (7/10) sejak pukul 07.30 WITA di Lapangan Murjani Banjarbaru ini dimeriahkan pula dengan adanya Parade Layanan Kesehatan atas bentuk kolaborasi nan apik dari Akper Pandan Harum, RS Pelita Insani, Klinik Halim Medika, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin dan RSU Mawar. Adapun bentuk pelayanan gratis ini berupa pemeriksaan tanda-tanda vital, pemeriksaan lab ringan konsultasi kebidanan, konsultasi gizi, konsultasi perawatan gigi, cek tekanan darah, serta konsultasi penyakit dalam.

Editor : Azizah

About the author

admin administrator

Leave a Reply