RBP Salurkan Pinjaman Bergulir PKL

Byadmin

RBP Salurkan Pinjaman Bergulir PKL

Selasa (3/1) kemarin RBP menyalurkan pinjaman bergulir kepada 10 PKL (Pedagang Kaki Lima) di Banjarbaru. Kesepuluh PKL tersebut menjadi penerima manfaat RBP setelah melalui proses seleksi. “Ada sebanyak 25 orang yang kami seleksi, kemudian setelah survei dan verifikasi terpilih 10 orang yang diprioritaskan tahun ini jadi penerima manfaat program pinjaman bergulir RBP,” terang Manajer Keuangan RBP Nurhayah.

Para penerima manfaat itu adalah Bahri, Muklis, Wijianto, Alex, Sarimah Hidayati, Samsul M, Subiyanto, Partini, Idrus, dan Bahran. Mereka adalah PKL yang biasa berjualan di Lapangan Murjani Banjarbaru. “PKL menjadi sasaran kami karena golongan pedagang kecil sangat sulit mengakses modal baik dari pemerintah maupun perusahaan,” terang Nurhayah.

Peluang permodalan di Indonesia sebenarnya cukup besar, namun masih sulit dijangkau oleh pedagang kecil yang tidak memiliki jaminan apapun. “Rumah saja masih ngontrak, sepeda motor juga banyak yang kredit. Lalu apa yang bisa dijaminkan, salah-salah banyak yang terjebak rentenir. Ini kan nambah masalah namanya,” ungkapnya lagi.

Dalam kesempatan itu, hadir pula founder BMT Ahsanul Amala Sayid Ali Al Habsy memberikan nasehat bagi para penerima manfaat. “Semua harus bersyukur karena masih ada yang peduli. Dengan tambahan modal ini harus lebih semangat, bangun kreatifitas agar bisa bersaing dengan kafe-kafe yang mulai marak,”pesan Sayid Ali Al Habsy di hadapan para penerima manfaat.

Menurut Sayid Ali Al Habsy, dalam situasi ekonomi seperti ini pelaku usaha harus mengurangi pengeluaran yang sifatnya konsumtif. “Kredit barang yang tidak penting bisa dihentikan saja, jual sebagai asset lalu buka peluang usaha baru, bisa berupa jasa,” ujarnya memberi tips.

Ke depan sepuluh penerima manfaat tersebut akan didampingi dalam pengelolaan keuangan bersama Sayid Ali Al Habsy. “Semoga ini menjadi pintu untuk kerjasama yang lebih baik ke depan,” harap Sayid Ali dan diaminkan para pengelola RBP yang hadir. (en)

About the author

admin administrator

Leave a Reply