Relawan Bersinergi, Bergerak Mewujudkan Solusi

Byadmin

Relawan Bersinergi, Bergerak Mewujudkan Solusi

Banyak kesan yang berarti dari sosok Mbah Suminem, terutama para relawan yang selama dua pekan menemani beliau di rumah sakit. Salah satunya Munajatunnisa, salah seorang anggota Relawan Nusantara. Bagi Muna, begitu Ia kerap disapa, Mbah Suminem merupakan pibadi yang supel dan senang bercerita.

“Saya sering mendapatkan nasehat dari Mbah untuk menjaga kesehatan, dapat pekerjaan hingga cepat dapat jodoh,” ucapnya mengenang Mbah Suminem.

Muna mengaku tergerak untuk ikut menjaga Mbah Suminem di rumah sakit karena mendapat kabar tentang beliau dari Sahabat Kalsel RBP. “Katanya ada orang tua yang sakit dan cuma ditemani suami yang juga mengalami keterbelakangan mental, jadi kami dari Relawan Nusantara berbagi tugas, bergantian menjaga beliau di RS,” terang Muna.

Pribadi Mbah Suminem yang begitu baik membuat para relawan selalu mengingat beliau. “Selamat Jalan Mbah Suminem, inshaAllah Mbah mendapatkan tempat yang pantas disisi Allah swt,” ucap Muna mewakili Relawan Nusantara.

Begitulah, betapa besar peran relawan bagi masyarakat. Mereka saling bergotong royong memikul beban pengabdian. Sahabat Kalsel berkolaborasi dengan Relawan Nusantara menjadi solusi bagi permasalahan di banua ini. Semoga sinergi seperti ini bisa ditiru siapa saja, karena dengan bersama-sama maka semua lebih ringan rasanya.

Mengenal Lebih Dekat Relawan Nusantara

Dari relawan, mengabdi kepada negeri untuk kebahagiaan umat dan masyarakat dunia khususnya Indonesia. Itulah misi dari Relawan Nusantara yang dibentuk sebagai wadah atau sarana bagi para pemuda Indonesia untuk membentuk pribadi-pribadi  yang tangguh, kreatif, inovatif dan berjiwa sosial tinggi. Relawan Nusantara juga ingin membentuk pribadi yang dapat berbagi kemanfaatan potensi diri di tengah-tengah masyarakat.

Munajatunnisa, salah satu relawan yang bergabung ke dalam Relawan Nusantara sejak empat tahun yang lalu mengaku banyak hal positif yang didapat. “Saya ingat sekali pada kegiatan pertama dapat amanah menjadi penanggung jawab kegiatan Relawan Cilik, acaranya itu membuat figura menggunakan stik ice cream. Dari sana saya belajar bagaimana menjadi pribadi yang bertanggungjawab dengan jiwa kepemimpinan,” tutur Muna.

Selain itu, Muna juga mengaku akhirnya memahami bagaimana menjadi pribadi yang berjiwa sosial tinggi. “Membantu menjaga Mbah Suminem menjadi kontribusi saya untuk itu,” imbuhnya.

Muna hanyalah satu contoh kisah relawan yang bisa menjadi cerminan tentang lingkungan banua kita saat ini. Tentu banua ini tak cukup hanya dengan satu Muna. Maka dukungan moril dan materiil dari kita lah yang bisa membantu gerakan kerelawanan ini semakin meluas.

Penulis : Eggy Akbar Pradana

Editor : Retno Sulisetiyani

About the author

admin administrator

Leave a Reply