Relawan Harus Bermental Tangguh

Byadmin

Relawan Harus Bermental Tangguh

Dari Kegiatan Orientasi Relawan RBP sesi Sharing Bersama Wakil Walikota Banjarbaru

“Salah satu kunci kebahagiaan adalah dengan memberi nilai atau arti untuk setiap aktivitas yang kita lakukan atas dasar nilai-nilai ketuhanan” (H Darmawan Jaya Setiawan, wakil walikota Banjarbaru)

“Saya ini banyak hobinya, bagaimana caranya saya menentukan minat yang sebenarnya Pak?” tanya Hikmah, salah seorang relawan RBP kepada Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan dalam acara orientasi relawan sesi sharing with figures yang dilaksanakan di Pendopo Kampung Purun, Minggu (29/10) lalu.

“Selagi muda cobalah semua hal, jangan pilih-pilih. Dan yang paling penting adalah gantungkan cita-citamu setinggi langit. Karena kalaupun gagal, kita akan jatuh diantara bintang-bintang,” jawab Jaya yang langsung disambut tepuk tangan meriah oleh 26 relawan yang hadir pagi itu.

Dalam sesi bincang dan diskusi bersama tokoh itu Jaya bercerita bagaimana jatuh bangun kehidupannya sebelum menjadi seperti sekarang. “Saya mengalami empat kali kegagalan saat mencoba berwirausaha, namun saya terus mencoba dan tak patah semangat. Selalu berbaik sangka saja dengan jalan yang diberikan Tuhan,” ujar lelaki yang baru saja menjalankan ibadah haji September yang lalu.

Jaya juga memberi pesan kepada para relawan untuk mengingat tiga kunci untuk mencapai kebahagiaan, yaitu kemampuan fisik, memiliki emosional yang baik meliputi sifat sabar, ketangguhan, kejujuran, dan keikhlasan, serta senantiasa mengingat Tuhan (spiritual).

Penanggungjawab program orientasi relawan Retno Sulisetiyani menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya RBP sebagai lembaga sosial kemanusiaan dalam menjaga semangat kerelawanan. Menurutnya, saat ini sangat diperlukan kontribusi relawan. “Tidak hanya dalam hal kebencanaan, namun semua aspek kehidupan. Terlebih di era digital seperti ini, warga tidak mampu banyak memerlukan uluran tangan generasi muda,” ujar perempuan berkacamata itu. “Insha Allah orientasi relawan akan kami laksanakan setiap bulan, karena semangat itu perlu diperbaharui setiap saat,” imbuhnya.

RBP mengajak kepada anak-anak muda di Banjarbaru dan sekitarnya untuk senantiasa mengukir karya dengan berbagi. Pikiran, tenaga, ataupun keahlian. Ingatlah pesan Presiden pertama RI, Ir Soekarno, yang berkata : “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (en)

About the author

admin administrator

Leave a Reply