SENIMAN DAN RELAWAN BERSINERGI GALANG DONASI UNTUK SULAWESI

Byadmin

SENIMAN DAN RELAWAN BERSINERGI GALANG DONASI UNTUK SULAWESI

Penulis : Wahyu Aji Saputra

Beragam cara dalam penggalangan dana yang dilakukan oleh berbagai komunitas, akademisi hingga instansi untuk membantu para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan seni dalam pelaksanaannya.

Taman Air Mancur depan Minggu Raya Banjarbaru Jumat sore (2/11), mendadak ramai dari hari biasanya, terdengar alunan musik dan berbagai penampilan seni dari para seniman dan relawan yang tergabung dalam kegiatan Pensi Amal. Mereka bersinergi dalam rangka menggalang donasi untuk membantu para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut ada banyak penampilan kesenian yang disajikan, diantaranya penampilan dari sekelompok penari cilik yang membawakan tarian tradisional dari Kalimantan Tengah, yaitu giring-giring. Selain itu ada pula penampilan biola elektrik dan para penggiat seni dari Sanggar Kemilau Intan.

Kegiatan ini pun menjadi tontonan menarik bagi para pengendara yang sedang melintas di kepadatan sore Jalan A Yani. Selain bisa beramal mereka juga bisa merasakan indahnya kesenian yang dibawakan oleh para seniman. Aksi galang dana yang berlangsung hingga menjelang waktu maghrib tersebut, berhasil menghimpun donasi tunai sebesar 5,6 juta dan beberapa donasi barang juga kita terima, diantaranya air mineral gelas sebanyak 10 dus dari Hamba Allah dan kaos sebanyak 20 lembar dari Rumah Sablon Banjarbaru.

Menurut ketua pelaksana M  Khalifaturridha, pada pekan sebelumnya juga dilakukan aksi penggalangan dana yang sama dalam bentuk rangkaian Pensi Amal. Puncaknya diadakan pada hari Sabtu (3/11) yang menampilkan berbagai penggiat seni, baik dari komunitas ataupun organisasi kemahasiswaan yang ikut berpartisipasi. “Semoga dengan adanya kegiatan penggalangan dana dengan konsep kreatif ini dapat menjadi inspirasi bagi siapa saja agar tak melulu terkesan meminta-minta disetiap aksi sosial yang sama kedepannya.” pungkas Jabuk, panggilan akrab ketua pelaksana Pensi Amal. Sementara itu, Direktur Radar Banjar Peduli (RBP) dr Diauddin menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Pensi Amal telah berjalan tersebut. “Dengan adanya Pensi Amal ini semoga dapat menularkan semangat berbagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, bukan hanya berupa materi saja. Agar kiranya kita bukan hanya menggalang donasi, tapi kita juga dapat memberi dalam hal ini berupa hiburan kepada masyarakat.” ucapnya.

Editor : Nurhayah

About the author

admin administrator

Leave a Reply