MENIKMATI JAMUAN RAMADAN

Byadmin

MENIKMATI JAMUAN RAMADAN

Oleh : Ibnu Sina

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Mendengar bulan suci Ramadan, layaknya kita bergembira, bukan merasa menjadi beban dan memberatkan. Karena Bulan Ramadan hadir membawa jamuan istimewa bagi fisik, akal dan rohani kita.

Puasa sebagai Perisai

Rasul SAW bersabda : “Puasa itu ada perisai yang dapat melindungi diri seorang hamba dari api neraka”. (HR. Ahmad).

Puasa akan memelihara setiap hamba yang berpuasa agar tidak terjerumus pada perbuatan maksiat.

Puasa Memasukkan Seseorang ke Surga

Karena puasa dapat menjauhkan diri dari neraka, maka otomatis membawa pelakunya ke surga. Diriwayatkan dari Abu Umamah Ra, ia berkata : “Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga. Maka Rasulullah SAW menjawab : Hendaknya kamu berpuasa, karena puasa itu tidak ada tandingan (pahala)nya”. (HR. An-Nasa’i).

Puasa Mendapatkan Pahala Tak Terhitung

Allah SWT berfirman : “Laki-laki dan perempuan yang berpuasa, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (QS. Al Ahzab [33] : 35).

Orang yang Puasa Mendapatkan Dua Kebahagiaan

Nabi SAW bersabda : “Ada dua kebahagiaan yang diperuntukkan bagi orang yang berpuasa, kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Tuhannya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bau Mulut Orang yang Puasa Harum di Hadapan Allah

Rasul SAW bersabda : “Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum bagi Allah daripada aroma minyak misk.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Puasa dan Alquran Memberi Syafaat bagi Pelakunya

Rasul SAW bersabda : “Puasa dan Alquran itu akan memberi syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata : “Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat di waktu siang, karenanya perkenankan lah aku untuk memberikan syafaat kepada nya”. (HR. Ahmad)

Puasa sebagai Kafarat atau Penebus Dosa

Nabi SAW bersabda : “Barangsiapa berpuasa pada Bulan Ramadan dengan iman dan berharap ridha Allah maka dosa-dosa yang lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari).

 Ar-Rayyan Disediakan bagi Orang yang Berpuasa

Nabi SAW bersabda : “Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat satu pintu yang diberi nama Ar-Rayyan. Dari pintu tersebut orang-orang yang berpuasa akan masuk di hari kiamat nanti dan tidak seorangpun yang masuk ke pintu itu kecuali orang-orang yang berpuasa”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah jamuan Ramadan yang dapat memberikan kebahagiaan bagi orang yang berpuasa. Karena secara garis besar tujuan dari ibadah puasa adalah membersihkan jiwa, menahan nafsu dan menjaga kesehatan diri.[]

Allahu a’lam bishshawab

About the author

admin administrator

Leave a Reply