OBRAL KEBAIKAN DI BULAN RAMADHAN

Byadmin

OBRAL KEBAIKAN DI BULAN RAMADHAN

Oleh : Ibnu Sina

Ibadah di Bulan Ramadhan ini tidak hanya puasa. Jamuan spesial lainnya yaitu :

Pertama, Jamuan jutaan Kebaikan Ramadhan

Adalah dengan kita membaca Al Qur’an minimal 1 juz perhari. Dari Abdullah bin Mas’ud RA meriwayatkan : “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat….” (HR. At-Tirmidzi).

Sederhananya : 1 juz sekitar 7.000 huruf, dikalikan dengan 10 kebaikan x pahala 70 kewajiban = 4.900.000 kebaikan. Jika kita mampu mengkhatamkan 1 kali saja di Bulan Ramadhan, maka biidznillah kita meraih 147 juta kebaikan.

Kedua, Jamuan Terhindar dari Neraka dan Penyakit Nifaq

Jamuan ini akan kita raih jika kita menjaga shalat lima waktu di masjid berjamaah dengan mendapati takbiratul ihram. Rasul SAW bersabda : “Barangsiapa yang shalat karena Allah 40 hari secara berjamaah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka ia dipastikan akan terhindar dua hal : api neraka dan penyakit nifaq atau munafiq”

Ketiga, Jamuan 30 Kali Haji dan Umrah

Rasul SAW bersabda : “Barangsiapa shalat subuh berjamaah kemudian ia duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).

Keempat, Jamuan Doa Tak Tertolak

Dalam hadits Nabi SAW : “Tiga kelompok yang tidak akan ditolak doanya : Pemimpin yang adil, Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan Orang yang teraniaya….” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi).

Maka khususkan berdoa sebelum buka puasa. Allah SWT berfirman : “…. Berdoalah kepada-Ku, pasti Aku kabulkan.” (QS. Ghafir [40] : 60).

Kelima, Jamuan 90 Rumah di Surga

Nabi SAW bersabda : “Tidaklah seorang hamba muslim melaksanakan shalat karena Allah, setiap hari sejumlah 12 rakaat Sunnah selain wajib, kecuali Allah siapkan baginya Syurga.” (HR. Muslim)

Jika kita ingin mendapatkan 3 rumah di Syurga, maka kita melaksanakan shalat 36 rakaat selain wajib, seperti : Shalat Rawatib (14 rakaat), shalat tarawih dan witir (minimal 11 rakaat), Shalat Dhuha (4 rakaat), Shalat Tahiyatul Masjid (2 rakaat), Shalat sesudah Wudhu (2 rakaat). Jumlahnya 36 rakaat, sepadan dengan 3 rumah di surga setiap hari atau 90 rumah sebulan.

Keenam, Jamuan Penghapusan Dosa

Dengan cara menunaikan umrah. Rasul SAW bersabda : “Umrah di Bulan Ramadhan sebanding dengan haji.” Dalam riwayat lain: “sebanding haji bersamaku” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dan balasan bagi haji yang mabrur adalah Syurga. Nabi SAW bersabda : “… Haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali Syurga.” (HR. Ahmad).

Ketujuh, Jamuan Rumah Masa Depan

Dengan cara melakukan shalat malam di sepertiga malam terakhir. Allah SWT berfirman : “…. Maka shalat tahajud lah sebagai ibadah Nafilah kamu. Mudah-mudahan Allah membangunkan bagimu tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra [17] : 79).

Kedelapan, Jamuan Malam Sepanjang Umur

Dengan menghidupkan malam qadar. Allah SWT berfirman : “Malam itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 3).

1.000 bulan = 83 tahun 3 bulan. Artinya beribadah pada lailatul qadar lebih hebat pahalanya dibanding dengan indah sepanjang umur.

Rasulullah SAW memberikan tuntunan agar lailatul qadar itu diburu pada sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Delapan jamuan istimewa ini bukan untuk mengajarkan kita menghitung-hitung pahala, tapi ini untuk memotivasi untuk meraih kebaikannya.

Wallahu a’lam bishshawab.

About the author

admin administrator

Leave a Reply