Anak Cerdas, Sehat Jasmani dan Rohani

Byadmin

Anak Cerdas, Sehat Jasmani dan Rohani

Mengingat pentingnya pola asuh yang benar demi masa depan generasi muda, Radar Banjar Peduli (RBP) untuk ke sekian kalinya mengadakan kegiatan parenting desa. Kali ini di laksanakan di TK Kenanga pada Sabtu (5/5) lalu. Kegiatan ini berisikan penyuluhan bertemakan “Pengasuhan Positif” dengan melibatkan pemateri dari Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kota Banjarbaru yaitu Neni Nooryatini SPd. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 orang tua murid TK Kenanga, baik ayah ataupun ibu.

“Alhamdulillah, Jalannya pemberian materi diterima dengan baik oleh orang tua murid, tanggapan masyarakat juga positif,” ucap Neni Nooryatini SPd dengan lega sesaat setelah acara selesai. Ibu dari dua anak ini juga menambahkan bahwa tujuan dari pemberian materi ini adalah agar masyarakat mengetahui bagaimana cara pola pengasuhan yang baik, mengembangkan kecerdasan anak  sehingga bisa sehat jasmani dan rohani, dan memberikan contoh yang baik dalam bersikap atau berperilaku sehingga menjadi pembiasaan dan menjadi karakter.

Budi Lestari SPd,  selaku Kepala Sekolah TK Kenanga, menyambut dengan antusias terhadap program parenting desa yang diselenggarakan oleh RBP,  “Acara ini bagus, tertib dan sesuai harapan, kami sangat antusias dan berterimakasih karena adanya acara ini. Kapan lagi kan ada acara seperti ini. Para orang tua juga jadi dapat ilmu,” ujarnya. Dalam program parenting desa ini selain diberikan materi, para orang tua juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi seputar permasalahan-permasalahan yang dihadapi para orang tua dalam mengasuh anak-anak mereka. Terakhir, pihak penyelenggara membagikan form untuk di isi oleh orang tua sebagai bahan evaluasi yang akan dibahas untuk kegiatan selanjutnya. Kegiatan berlangsung sekitar satu jam setengah, mulai dari pukul 10.30 pagi. Kegiatan ini berjalan lancar dan tidak cuman orang tua yang mendapatkan oleh-oleh berupa ilmu untuk dibawa pulang, anak-anak merekapun mendapatkan oleh-oleh berupa nutrisi satu kotak susu bubuk yang dibagikan secara gratis.

Melalui kegiatan parenting desa ini, harapanya dapat mendukung terciptanya masyarakat yang sehat jasmani dan rohani, serta masyarakat yang memiliki pola hidup bersih, jujur dan karakter positif lainnya. Sehingga akan tercipta masyarakat dengan wawasan luas serta memahami dengan utuh pentingnya pendidikan dimasa depan. “Dengan adanya kegiatan ini kami memberikan kesempatan pada para orang tua untuk belajar memahami anak di pola asuh yang seharusnya. Nantinya diharapkan masyarakat bisa meimplementasikan pembiasaan baik tersebut, kapanpun dan dimanapun.” ujar Devi, selaku Koordinator dari Radar Banjar Peduli. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Kalsel Banjarbaru dan Himpaudi Banjarbaru, atas dukungannya sehingga kegiatan ini bisa terus berlanjut.” Tambahnya.

Penulis : Najmita Ismiawan

Editor  : Nurhayah/Dr Diauddin

About the author

admin administrator

Leave a Reply